UNUGHA Cilacap Gelar Pelatihan Auditor Mutu Internal (AMI)

Pelatihan Auditor Mutu Internal UNUGHA

Pelatihan Auditor Mutu Internal UNUGHA

UNUGHA- Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) Universitas Nahdlatul Ulama AlGhazali Cilacap (UNUGHA) (4/07) melakukan Pelatihan Auditor Mutu Internal. Pelatihan ini merupakan rangkaian dari kegiatan hibah Program Bantuan Pengembangan Sistem Penjaminan Mutu Internal Tahun 2021 dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Acara Pelatihan Auditor dibuka oleh Ketua LPM UNUGHA Lumaurridlo,M.Pd, “Pelatihan  ini merupakan lanjutan dari Workshop Sistem Penjaminan Mutu Internal yang telah dilakukan sebelumnya yang meliputi kebijakan, manual, standar, standar operasional hal ini upaya untuk kualitas LPM dan juga kualitas UNUGHA, maka program bantuan dari Kemendikbud ini sangat bermanfaat bagi kemajuan kualitas UNUGHA, kami juga menhucapkan terima kasih kepada fasilitator yang menjadi narasumber dalam kegiatan ini” Sambutnya.

Pelatihan dilakukan 2 hari, yaitu tanggal 03-04 Juli 2021 dengan fasilitator Markus Budiraharjo, M.Ed., Ed.D. dari Universitas Sanata Dharma Yogyakarta. Sambutan yang hangat dan penuh keakraban menjelaskan bagaimana merencanakan Audit Mutu Internal di Universitas Nahdlatul Ulama AlGhazali Cilacap. Dalam merencanakan  Audit Mutu Internal mengacu pada Standar yang sudah ditetapkan oleh SN DIKTI.

Markus Budiraharjo, M.Ed., Ed.D menyampaikan“Audit Mutu Internal merupakan proses yang sangat penting dalam menjaga mutu Universitas, sehingga pelaksanaanya harus dapat dijalankan dan terdokumentasi untuk memastikan pelaksanaan kegiatan di Perguruan Tinggi sesuai prosedur dan hasilnya telah sesuai dengan standar untuk mencapai tujuan institusi. Audit Mutu Internal bukanlah sebuah asesmen atau penilaian melainkan pencocokan atau kesesuaian antara pelaksanaan  dengan perencanaan suatu kegiatan atau program” Jelasnya

 

Pelatihan Auditor Mutu Internal UNUGHA

Peserta dalam kegiatan ini adalah perwakilan dosen tetap yang dikirim dari setiap Fakultas yang ada di lingkungan UNUGHA . Pada hari pertama, kegiatan diawali dengan kegiatan pre-test mengenai Audit Mutu Internal, kegiatan selanjutnya pemaparan materi dan diskusi, peserta sangat antusias terlihat dimana peserta dapat mengikuti kegiatan dengan baik dan pada sesi diskusi.

Hari kedua peserta dibagi menjadi beberapa kelompok dan peserta diminta bermain peran sebagai auditor dan auditee. Selanjutnya membuat laporan jika ada temuan maka apakah bisa diselesaikan atau tidak, peserta sangat aktif pada sesi diskusi untuk menyakan kembali pemahaman tentang audit mutu internal kepada fasilitator.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *